Home » » Tips Penting Microsoft Word

Tips Penting Microsoft Word

Tips Penting Microsoft Word

Sebagai aplikasi perkantoran yang paling sering digunakan, Mincrosoft Word yang sudah mencapai versi 2007 semakin berkembang. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini dengan efektif, berikut saya berikan 10 tips yang saya kira cukup bermanfaat. Tips ini saya coba di Microsoft Word 2003.

1. Untuk memasukkan kata-kata yang sering digunakan, misalkan “SMKN 1 Kuta Selatan”, cukup masuk ke menu Format - Auto Format - klik tombol Options… - Klik tab AutoText - lalu masukkan kata-kata yang sering anda gunakan.
2. Seringkali kita ingin mencetak bolak-balik untuk menghemat kertas. Daripada memasukkan nomor halaman, lebih mudah memilih Odd Pages (halaman ganjil) atau Even Pages (halaman genap) di drop down list print pada menu print.
3. Kadang kita harus bersusah payah mengurutkan kertas karena printer mecetak dengan urutan yang tak seharusnya. Untuk menanganinya, pada menu print, klik options, lalu centang Reverse print order.
4. Menyeleksi akan lebih mudah bila kita tahu jalan pintasnya. Klik 2x untuk memilih kata, 3x untuk paragraf. Atau tekan Ctrl+Shift+panah kanan untuk 1 kata di depan, panah kiri untuk 1 kata di belakang, dan panah bawah untuk seleksi paragraf.
5. Untuk menyeleksi per kolom, cukup tahan Alt dan drag mouse pada area yang akan anda seleksi.

6. Saat anda mengklik salah satu toolbar drawing/ AutoShapes, mungkin anda akan disusahkan dengan munculnya drawing canvas. Untuk mencegahnya muncul secara otomatis, klok Tools - Options - General - Hilangkan centang di Automatically create drawing canvas when inserting AutoShapes.
7. Untuk mengubah satuan ukuran, klik menu Tools - Options - General. pada Drop down Measurement units pilih satuan ukur yang anda inginkan.
8. Agar anda tak perlu susah-susah mengedit layout gambar anda, klik Tools - Options - Edit - pada drop down insert/paste picture as pilih salah satu yang paling sering anda gunakan.
9. Jika anda tidak sering menyimpan data di My Documents, ubah saja lokasi default penyimpanan file MS. Word. Caranya buka menu Tools - Options - File Locations. klik pilihan Documents, lalu klik tombol Modify. Pilih lokasi folder anda.
10. Untuk anda yang sering menyimpan data di removable media (flashdisk, kartu memori, dll), ada baiknya anda membuat backup. Daripada memilih File - Save As berkali-kali, buka Tools - Options - Save - lalu centangi pilihan Make local copy of files stored on nerwork or removable media.
11. Bila anda ingin menyertakan font khusus yang anda gunakan di dokumen anda untuk dibuka di komputer lain (rental misalnya), buka Tools - Options - Save - centangi pilihan Embed TrueType fonts. Harap diperhatikan, ini akan memperbesar ukuran file anda.
12. Saat anda sedang bekerja dengan banyak dokumen sekaligus, akan lebih mudah bila bisa menyimpannya sekaligus juga. Cukup tahan Shift, klik File, lalu akam muncul pilihan Save All.
Demikian beberapa tips dari saya. Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. cappuccino - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger